Tips Membangun dan Merawat Kolam Koi

Sponsored Links

Apakah Anda ingin memiliki kolam koi di taman Anda? Kolam ikan hias yang berada di belakang rumah sangat menguntungkan dan tidak sulit seperti yang kebanyakan orang bayangkan. Jika Anda melakukan perawatan layak untuk mereka, ikan koi dapat hidup lama dengan ukuran panjang yang lebih dari satu meter.


Ikuti tips sederhana untuk membuat kolam ikan koi dengan benar sehingga dapat memberikan kesenangan dan kedamaian hati Anda dikala melihatnya.

Kedalaman kolam ikan koi Anda adalah penting.
Kedalaman kolam sangat penting bagi ikan koi. Kedalaman kolam hendaknya lebih dari 80 cm (bagian yang terisi air) agar kolam ikan Anda akan terlindung dari binatang pemangsa ikan, peliharaan seperti kucing dan hewan lain yang mungkin akan memusnahkan ikan Anda. Kolam ikan yang lebih dalam juga membantu menstabilkan temperatur air yang disebabkan oleh terik panas matahari atau cuaca dingin diwaktu malam dan kondisi hujan.

Koi menyukai banyak ruang untuk berenang.
Kolam kecil yang tidak baik untuk koi. Ingat, sejalan dengan waktu ikan Anda akan tumbuh dan berkembang atau bisa saja bertambah banyak dan mereka akan memerlukan ruang gerak. Banyaknya variasi warna koi, mungkin akan memacu Anda ingin membeli ikan dari berbagai warna. Jadi lebih baik untuk membuat sebuah kolam besar dari perencanaan awal daripada merenovasi kolam dikemudian hari. Membangun kolam yang lebih besar dan lebih dalam akan lebih baik.

Jaga temperatur air kolam Anda dimusim penghujan
Tidak seperti ikan tropis, koi tidak takut cuaca dingin namun jangan biarkan temperatur air kolam Anda berada disuhu yang tidak disenangi oleh ikan koi. Air kolam yang terlalu dingin akan menghambat pertumbuhan ikan koi, disamping itu beberapa penyakit yang mengancam ikan koi juga dapat berkembang pada waktu seperti ini. Air hujan yang langsung jatuh ke dalam kolam dalam jumlah yang banyak juga tidak baik bagi kesehatan koi anda karena air hujan mengandung kadar asam yang kadang-kadang sangat tinggi. Sebagai langkah pencegahan, anda dapat menggunakan garam khusus untuk ikan yang ditaburkan pada air kolam sesuai dosis.

Membuat pelindung bagi koi Anda
Bila lokasi kolam koi yang anda pilih berada pada lokasi terbuka, pastikan tidak sepenuhnya terkena sinar matahari karena disamping akan meningkatkan dengan cepat temperatur air kolam, dapat pula mempercepat pertumbuhan lumut yang dapat mempengaruhi kejernihan air kolam. Alternatif menempatkan tanaman pelindung dipinggir kolam adalah sangat dianjurkan. Selain itu Anda dapat juga menggunakan tanaman air seperti teratai, lili air dalam kolam - disamping sebagai penambah keindahan kolam, tanaman air juga menjadi tempat perlindungan yang menaungi ikan. Namun, Anda harus menghindari menanam pohon yang besar karena dapat berpotensi akarnya akan merusak kolam koi Anda. Satu hal penting yang harus diperhatikan adalah pastikan dedaunan dari tanaman pelindung tidak jatuh ke dalam kolam, dan segera bersihkan bila memang tidak terhindarkan.

Jauhkan dari burung-burung pemangsa
Bila lokasi kolam koi Anda di ruang terbuka, hendaknya pastikan ikan-ikan koi Anda tidak menjadi incaran burung-burung pemangsa. Gunakan pelindung seperti jejaring nilon agar burung-burung tersebut tidak dapat mencapai kolam Anda.

Hindari menggunakan zat beracun dekat dengan kolam Anda
Insektisida dan herbisida yang biasa digunakan untuk taman Anda pada saat perawatan taman agar tidak mengenai air di kolam ikan koi Anda. Menempatkan wadah/ tempat zat-zat beracun dipinggir kolam sangat beresiko akan jatuh ke dalam kolam dan mencemari air dan ikan yang hidup di kolam. Bahkan sejumlah kecil insektisida umum dapat membunuh koi indah Anda.

Aksesoris Kolam Koi Anda
Agar ikan koi yang anda cintai dapat tumbuh dengan baik dan sehat, beberapa aksesoris diperlukan dalam rangka menjaga kondisi air kolam yang menjadi habitatnya. Idealnya Anda akan memerlukan sebuah pompa air, sistem filtrasi, aerator kolam air, pemanas air dan alat sterilisasi ultraviolet.
Ikan koi menyenangi air kolam bersih dan bergerak. Bila berada dalam air kolam yang tidak bergerak, bisa saja ikan anda menjadi kurang sehat atau stress. Ikan koi yang stress menampakkan gejala-gejala redupnya warna ikan, tidak bernafsu untuk makan, menyendiri dari gerombolan ikan-ikan yang lain, bahkan yang paling disayangkan akan menyebabkan kematian ikan.

0 komentar:

Custom Search